Rabu, 15 Desember 2010

When Folk Meet Punk



Sesuai dengan tagline yang diusung, New Flavour of Collaboration, tahun ini Festival Regional LA Lights Indiefest 2010 banyak banget mengkolaborasikan band dari dua genre yang berbeda. Masih inget saat Kuburan, The Banery dan Bottle Smoker mengkover lagu ‘Cinta Satu Malam’ di Surabaya? atau Slank dan Titi Sjuman yang berbagi panggung yang sama di Bandung?

Oke, mungkin kalau kedua kolaborasi ini masih bikin loe semua kagum, coba simak kolaborasi yang satu ini sobs. Sekarang coba loe bayangin musik folk yang biasanya tenang, seperti yang diusung Endah N Rhesa dikolaborasikan dengan musik pop punk Endank Soekamti. Beuh… ga kebayang kan bakal jadi kaya apa?

Awalnya kolaborasi gokil ini ga ada dijadwal Festival Regional Yogyakarta sobs. Kolaborasi Endah N Rhesa  dan Endank Soekamti ada untuk menggantikan Maliq N D’Essentials yang ga jadi perform. Untuk kolaborasi dadakan ini, kedua band yang beda banget genre-nya ini membawakan tiga lagu punk yang anthemic banget.

Untuk lagu pertama, “kolaborasi maut” ini membawakan ‘A*u Tenanan’. Sebuah lagu berlirik bahasa Jawa milik Endank Soekamti yang humoris banget sobs. Mungkin kedua band ini sengaja membawakan lagu ini. Selain Final Regional yang berlokasi di Semarang, lagu ini berhasil menjadi “vitamin” buat para Kamties untuk kembali semangat. Maklum lah karena sebelumnya mereka lama disiram hujan.

Di lagu kedua, Endank Soekamti dan Endah N Rhesa memilih ‘When You Punk Someone’. Hmmm… klo dibaca dari judulnya, ketahuan banget kalau lagu ini milik Endah N Rhesa. Cuma judulnya aja yang diganti. Dari ‘When You Love Someone’ jadi  ‘When You Punk Someone’. Hasilnya? Beuhh… keren bener sobs.

Dan sebagai lagu ketiga, “duet maut” ini memilih ‘Long Live My Family’. Sebuah lagu yang kalau bisa dibilang sebagai lagu mars-nya para Kamties. Berbeda dengan dua lagu sebelumnya yang dipenuhi dengan distorsi gitar dari Dory, di lagu ini  suara gitar lebih didominasi gitar akustik Endah. Nah, di lagu ketiga ini baru deh  keliatan sound Endah N Rhesa.

Secara keseluruhan, kolaborasi ini asli keren banget sobs. Semoga aja kerja sama kedua band yang beda banget genre dan “kelakuan” ini bisa berlanjut ke proses rekaman. Amiiinn. [amn]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar